Rabu Rasa – Ruang Belajar Yang Inklusif Disabilitas

Testimoni Tes STIFIn Feeling - Ramadhani Ray 0818051808080 - tesstifin.id

tesstifin.id – Ramadhani Ray merupakan nama pena dari Hadianti Ramadhani yang biasa disapa Dhani. Ia mulai menekuni dunia menulis sejak tahun 2011. Ia menulis beragam bentuk karya tulis hingga saat ini akhirnya bekerja sebagai content writer di sebuah digital agency di Jakarta. Dhani seorang penyandang tunanetra low vision ini sangat suka belajar hal baru lewat membaca buku, mengikuti training, dan juga traveling.

Yjp7OdBp t - Rabu Rasa - Ruang Belajar Yang Inklusif Disabilitas

Di Tengah lingkungan sosial saat ini yang sebagian berisi orang-orang yang gemar bicara tentang logika atau gaya hidup terkini, menemukan orang-orang yang bicara tentang rasa tampaknya jadi sesuatu yang langka. Apalagi buatku Sebagai orang yang suka berdiskusi dan merenungi hidup, di Rabu Rasa aku seolah menemukan orang-orang yang “satu species” denganku. ⁣

“Melalui Rabu Rasa, kita memahami bahwa cerita adalah cara manusia untuk saling terhubung, melatih empati, memengaruhi satu sama lain, dan membentuk dasar keyakinan dan tindakan kita.”

Aku selalu senang mendengar cerita orang lain, menyimak isi kepala mereka yang kerap kali tak sama jalan pikirannya denganku. Bukankah definisi bijaksana itu adalah ketika kita bisa melihat satu hal dari banyak sudut pandang berbeda?

Mendengar perspektif baru dari orang lain kadang bisa membuat aku berpikir ulang tentang banyak hal, memperbaiki sesuatu yang selama ini tampak keliru atau bisa dibuat lebih baik lagi. Mendengar cerita baru dari orang baru juga membuatku belajar banyak hal baru. Ternyata dunia tidak sesempit itu, ternyata Allah masih punya banyak ilmu untuk membuatku terus bertumbuh.

gqk3D1gN t - Rabu Rasa - Ruang Belajar Yang Inklusif Disabilitas

Rabu Rasa boleh jadi salah satu tempat yang tepat bagiku untuk mengembangkan diri. Jika mengacu pada konsep STIFIn, Rabu Rasa menjadi tempat yang mengakomodir kebutuhanku sebagai seorang bertipe mesin kecerdasan feeling. Untuk mencapai potensi terbaiknya, seorang feeling perlu belajar dengan cara berdiskusi, membangun kebijaksanaan dengan bertukar cerita, melatih diri untuk mendengar lebih Panjang, serta memperbanyak relasi lewat komunitas; dan semua itu aku temukan di sini.

drPvjfHP t - Rabu Rasa - Ruang Belajar Yang Inklusif Disabilitas

Terima kasih Kang Fahd Pahdepie sebagai inisiator Rabu Rasa dan Inilah.com yang telah menginisiasi kegiatan ini. Terima kasih juga untuk tim panitia yang cukup responsive memberikan bantuan buatku yang tunanetra ini selama mengikuti jalannya acara. Aku memang baru hadir dua kali di awal November 2023 dan awal Januari 2024. Tapi insya Allah aku masih akan hadir lagi di kesempatan yang lain. Semoga Rabu Rasa bisa terus berkembang dan jadi manfaat untuk lebih banyak orang.⁣

Kabar Duka, Pendiri STIFIn Farid Poniman Tutup Usia

Penemu STIFIn Ayah Farid Poniman Meninggal Dunia 27 Januari 2024

tesstifin.id – Farid Poniman, penemu dan juga pendiri STIFIn atau konsep pengembangan sumber daya manusia manusia tutup usia di Bandung, Sabtu (27/1/2024). Sebelumnya Farid Poniman sempat dirawat di RSHS Bandung.

Farid Poniman meninggal dunia di usia 59 tahun. Jenazah Farid Poniman dimakamkan di Firdausi Memorial Park, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

“Bapak Farid Poniman meninggal dengan wajah tersenyum pada Sabtu pukul 02.30 WIB di RSHS Bandung,” ujar Jamil Azzaini, besan Farid Poniman saat mewakili keluarga memberikan sambutan perpisahan sewaktu menjelang salat jenazah di Masjid Darussalam Bandung.

AeCDrQr8 t - Kabar Duka, Pendiri STIFIn Farid Poniman Tutup Usia

Diketahui, Farid mengenalkan konsep pengembangan sumber daya manusia berbasis STIFIn mulai tahun 2009. Hingga kini ada 576.142 orang yang memakai metode tersebut. Ada 90 cabang yang tersebar di Indonesia, Singapura dan juga Malaysia.

Jamil Azzaini bercerita waktu meninggalnya Farid Poniman memang Allah telah mengaturnya. Seperti ketika anak dan menantunya melaksanakan umrah sewaktu Farid dalam perawatan. Tapi perjalanan umrah itu dipercepat sehari. Sehingga keluarga bisa mendampingi pada saat-saat terakhir Farid Poniman.

Semasa hidupnya, karir pendiri STIFIn Farid Poniman sudah malang melintang di sejumlah perusahaan multinasional. Termasuk juga pernah bekerja di perusahaan media seperti Harian Republika menjadi Kepala Bagian Marketing dan Communication, Majalah Ummat sebagai GM, P&G dan menjadi entrepreneur melahirkan STIFIn dan Kubik Leadership.

Belahan Otak Dominan dalam Konsep STIFIn tesstifin.id 081805180808 - Kabar Duka, Pendiri STIFIn Farid Poniman Tutup Usia

Mengenal Konsep STIFIn yang Didirikan Farid Poniman

Farid Poniman pernah mengatakan STIFIn merupakan konsep yang simpel, akurat dan aplikatif dalam pengembangan sumber daya manusia yang populer.

Simpel karena bisa mengetahui jenis mesin kecerdasan otak yang dominan seseorang. Hanya dengan sebuah sidik jari maka hasilnya akan keluar dalam hitungan menit. Reliabilitas dan validitasnya juga mencapai 95 persen.

“Hasil tes seseorang meski diulang cenderung sama dan cocok, merasa gue banget. Aplikatif, insya alloh seorang bisa mencapai kesuksesan dengan menemukan jalan dan jati dirinya,” jelasnya.

Sementara Dr Indrawan Nugroho menyebut Pendiri STIFIn Farid Poniman telah mencetak banyak kader dan menyebarkan ilmu. Termasuk dirinya yang menduduki jabatan Direktur Kubik Leadership.

“Awalnya mungkin banyak orang tak mengerti pikiran dari Mas Farid Poinan, namun ternyata dengan berjalannya waktu pikirannya terbukti benar,” tuturnya.

Sepeninggal Farid Poniman yang merupakan pendiri STIFIn, kini Yayasan STIFIn Indonesia dan STIFIn Genetic akan berkolaborasi dengan sejumlah pihak. Tujuannya guna mengembangkan STIFIn ke berbagai negara ASEAN. Targetnya 200 cabang dengan 20 cabang luar negeri. (R9/HR-Online/Editor-Dadang)

RA Azzahra Teluk Merbau Kecamatan Dayun Gelar Kegiatan Edukasi Parenting Untuk Wali Santri

STIFIn Goes To School RA Azzahra Dayun Siak 081805180808 tesstifin.id

tesstifin.id – Raudhatul Athfal (RA) Az Zahra Kampung Teluk Merbau Kecamatan Dayun pada Selasa (16/01/2024) lalu menggelar kegiatan edukasi parenting yang dikhususkan kepada seluruh wali santri RA Az Zahra. Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 09:00 WIB ini diikuti dengan sangat antusias oleh seluruh peserta yang hadir di Halaman RA Az Zahra.

Bertindak sebagai Kepala RA sekaligus pemateri dalam kegiatan ini Siti Aminah Rahmadani, S.Pd.I memaparkan tentang konsep edukasi parenting STIFIn. STIFIn merupakan kepanjangan dari Sensing Thingking Intuiting Feeling dan Insting dan kelimanya disebut dengan Mesin Kecerdasan (MK) dan bersifat genetik dengan kondisi tetap sepanjang hidup manusia. Adapun tujuan kegiatan edukasi ini adalah memberikan pemahaman kepada seluruh peserta tentang pentingnya belajar mengenal karakter diri sendiri sebelum memahami karakteristik yang dimiliki anak guna mempermudah proses pengasuhan terhadap anak sehingga tidak terjadi kesalahan pola asuh.

4IN6RAzC t - RA Azzahra Teluk Merbau Kecamatan Dayun Gelar Kegiatan Edukasi Parenting Untuk Wali Santri

Melalui kegiatan ini orang tua atau guru mampu mengasuh anak berdasarkan karakteristik, bakat dan potensi yang dimilikinya. Dengan mengetahui bakat dan potensi anak, orang tua atau guru dapat dengan mudah mengarahkan anak sesuai bakat dan potensi yang dimilikinya. Sehingga tidak ada pemaksaan sikap dan perilaku yang tidak sesuai dengan jiwa dan karakter anak.

Dikonfirmasi saat usai memberikan materi Rahma begitu sapaan akrabnya mengapresiasi kehadiran orang tua atau wali santri ditengah kesibukan beraktifitas, mereka berkorban meluangkan waktu untuk hadir dan duduk bersama mendengarkan pemaparan materi. “Diharapkan setelah kegiatan ini orang tua atau wali santri tertarik untuk cek MK dengan STIFIn dan terdorong untuk membantu proses pembelajaran dan pemantauan perkembangan anaknya baik di sekolah maupun di rumah dengan konsep STIFIn ini dan di tahun ajaran Baru 2024/2025 RA Az Zahra akan menggunakan pembelajaran dan pemantauan tumbuh kembang anak berbasis STIFIn semoga Allah meridhoi” tutupnya. (Fz)

STIFIn Parenting tesstifin.id  - RA Azzahra Teluk Merbau Kecamatan Dayun Gelar Kegiatan Edukasi Parenting Untuk Wali Santri

55 Karyawan Direktorat Sayuran dan Tanaman Obat Kementan RI Ikuti Tes STIFIn Genetic, Ini Tujuannya

STIFIn di Kementan Goes To Government 081805180808 tesstifin.id

tesstifin.id -Sebanyak 55 karyawan dari Direktorat Sayuran dan Tanaman Obat Kementerian Pertanian (Kementan) RI, menjalani tes STIFIn Genetic.

Tes tersebut sebagai program strategis dari Ditjen Hortikultura di tahun 2024. Jadi institusi tersebut bukan hanya menetapkan target kenaikan produksi, namun juga mempersiapkan sumberdaya manusia (SDM) yang lebih handal.

Adapun tes tersebut, saat kegiatan asemen karyawan Direktorat Sayuran dan Tanaman Obat, dari 28-29 Desember 2023 lalu.

 

Ghhtu6H5 t - 55 Karyawan Direktorat Sayuran dan Tanaman Obat Kementan RI Ikuti Tes STIFIn Genetic, Ini Tujuannya

Rizki Sugiarto selaku Branch Manager STIFIn Genetic mengatakan, bahwa tujuan tes yang sesuai dengan arahan dari Direktur Sayuran dan Tanaman Obat, Andi Muhammad Idil Fitri, adalah untuk memahami potensi masing-masing karyawan sesuai dengan genetiknya. 

Kemudian, jika karyawan tersebut sudah mengetahui potensi genetiknya, maka akan bisa melejitkan kinerjanya.

“Selanjutnya bisa saling memahami kolega kerja. Sehingga harapannya produktivitas dan kinerja karyawan akan meningkat lebih tinggi lagi,” katanya belum lama ini.

Lanjutnya mengungkapkan, bahwa karyawan 55 orang di unit kerja Kementan RI tersebut sangat antusias dengan hasil tes STIFIn Genetic.

Kenali Potensi Anak dengan Mencoba Tes STIFIn

STIFIn Parenting - tesstifin.id 081805180808

Mengecek belahan otak dominan apa yang dimiliki si Kecil

STIFIn Gue Banget tesstifin.id 081805180808 - Kenali Potensi Anak dengan Mencoba Tes STIFIn

Tes STIFIn merupakan salah satu dari sekian banyak metode ataupun tes yang bisa dipilih untuk mengetahui bakat minat si Kecil. Ketika orangtua mengetahui bakat minat sang anak, tentu akan mempermudah orangtua untuk mengarahkan anak sesuai dengan potensinya.

Meski tidak wajib untuk dilakukan, namun tes STIFIn yang mencakup sensing, thinking, intuiting, feeling dan insting akan membantu orangtua memilih metode pembelajaran dan menerapkan pola asuh terbaik untuk si Kecil.

Melihat manfaatnya, STIFIn tes akan membawa banyak manfaat jika dilakukan. Bersama Popmama.com, yuk kita mengenal tes STIFIn dan manfaatnya yang bikin takjub!

Mengapa Perlu Tes STIFIn - Kenali Potensi Anak dengan Mencoba Tes STIFIn

1. Apa itu tes STIFIn?

Tes STIFIn adalah tes 10 sidik jari (fingerprint test) untuk mengidentifikasi otak manusia berdasarkan sistem operasi yang dominan.

Metode STIFIn tersusun dari teori-teori psikologi, neuroscience, dan ilmu sumber daya manusia. Gunanya, akan membuat orangtua memahami dan mengenali kepribadian manusia yang begitu unik.

2. STIFIn adalah sebuah akronim

STIFIn sendiri adalah singkatan dari sensing, thinking, intuiting, feeling dan insting yang merupakan 5 belahan otak manusia yang memiliki fungsi masing-masing. Sehingga, perbedaan inilah yang membuat orang memiliki perbedaan sudut pandang, cara berpikir, serta bagaimana sikap mereka sehari-hari.

Belahan Otak Dominan dalam Konsep STIFIn tesstifin.id 081805180808 - Kenali Potensi Anak dengan Mencoba Tes STIFIn

3. 5 Belahan Otak Manusia

Belahan otak dominan yang dimiliki manusia disebut sebagai mesin kecerdasan manusia. Berdasarkan sejumlah teori, STIFIn dibagi dalam lima kelompok, yaitu:

  • Sensing: sistem operasi otak satu ini berada di belahan otak kiri bawah, alias sistem limbik kiri dan mengandalkan kecerdasan pancaindra, sehingga mampu menanggapi setiap hal dengan konkrit dan praktis.
    Keunggulan Sensing adalah menjadi pribadi yang rajin dan memiliki memori yang baik. Sensing biasanya memiliki kortisol yang tinggi, yang menjadikannya aktif bergerak.
  • Thinking: berada di belahan otak kiri atas atau sistem neokorteks kiri dan merupakan sosok pekerja keras dan merupakan sosok yang mampu berpikir logis dan objektif. Fisiknya memang tak sekuat pemikirannya, namun urusan analisa, thinking sangat bisa diandalkan.
  • Intuiting: berada di sistem neokorteks atau di belahan otak kanan atas dan merupakan orang-orang yang terlahir kreatif, inovatif, dan memiliki daya imajinasi yang tinggi. Mereka juga sangat perfeksionis dan mementingkan kualitas. DIbanding harus bermain otot, Intuiting yang juga disebut sebagai the creator ini lebih suka menggali kreativitas yang mereka miliki.
  • Feeling: terletak di sistem limbik kanan alias di belahan otak kanan bawah, dan merupakan tipe pendengar yang baik. Mereka juga memiliki empati yang tinggi, serta sosok yang enak untuk diajak berbagi cerita. Kekuatan emosional yang dimiliki oleh orang-orang yang terlahir dalam kriteria ini memiliki jiwa pemimpin yang tak terelakkan.
  • Insting: sistem naluri ini berada di belahan otak kanan, dan merupakan sosok yang responsif, mudah beradaptasi dan punya kepedulian sosial yang tinggi. Mereka juga sosok yang serba bisa dan ingin berperan serta memberikan kontribusi untuk lingkungan. Dengan nalurinya yang kuat, kondisi yang tenang dan damai menjadi situasi yang ideal untuknya melihat hikmah secara spiritual.
P44 STIFIn 9 PERSONALITI GENETIK tesstifin.id 081805180808 - Kenali Potensi Anak dengan Mencoba Tes STIFIn

4. 9 Kepribadian Genetik STIFIn

Ada 5 strata genetik dalam konsep STIFIn, yaitu jenis kelamin, mesin kecerdasan, kemudi kecerdasan, kapasitas otak, dan golongan darah.Dalam konsep STIFIn introvert diawali dengan huruf i kecil, dan ekstrovert diawali dengan huruf e kecil. Berbeda dengan psikologi pada umumnya yaitu saat Introvert dan Ekstrovert diawali huruf besar yang merujuk pada suatu sifat yang berdiri sendiri.Saat mesin kecerdasan (S, T, I, F, In) bertemu dengan mesin kemudi kecerdasan, maka mereka akan berubah nama menjadi Kepribadian Genetik, yaitu Si, Se, Ti, Te, Ii, Ie, Fi, Fe, dan In. Insting adalah mesin kecerdasan yang unik, karena tidak ada bagian yang dominan padanyaDiibaratkan, jika mesin kecerdasan adalah mobil, maka kemudi kecerdasan adalah sopirnya.

5. Cara kerja tes STIFIn

Jika Mama tertarik untuk melakukan tes STIFIn pada anak, cara kerjanya cukup mudah. Si Kecil cukup memindai sepuluh jari tangannya untuk mengetahui belahan otak mana yang paling dominan dalam menjadi sistem operasi.Tes ini dapat dibantu oleh pihak yang telah memiliki lisensi dan terpercaya melakukan tes STIFIn.

6. Manfaat tes STIFIn

Sama dengan tes kepribadian lain, tes STIFIn juga memiliki manfaat bagi tumbuh kembang si Kecil. Antara lain mengetahui minat, bakat, dan potensi apa yang dimiliki si Kecil. Hal ini akan memudahkan orangtua dalam mendidik dan mengarahkan anak dalam profesi atau karir kelak.Selain itu, orangtua juga akan mengetahui bagaimana cara berkomunikasi dan membuat orangtua semakin menyadari bahwa setiap anak terlahir spesial, sehingga butuh perlakuan yang berbeda satu sama lain.Gimana Ma, menarik bukan? Tes STIFIn sendiri cukup dilakukan sekali seumur hidup. Jika Mama dan Papa tertarik untuk melakukan tes ini kepada si Kecil, carilah lembaga berpengalaman dan terpercaya dalam pengetesan STIFIn ya. Semoga bermanfaat!